PROFIL

SMK Nusantara 1 Merupakan Lembaga Pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Abdi Negara yang telah eksis sejak tahun 1997. Dengan tujuan mempersiapkan manusia-manusa yang terdidik serta memiliki bekal pengetahuan yang luas, beriman dan beakhlak mulia Sehingga terbentuknya tenaga kerja yang siap pakai dan berkompeten dapat terwujud.

Dengan Guru yang berkompeten dibidangnya masing-masing, lulusan dari Universitas Negeri dan Swasta terkemuka yang sebelum diberikan kepercayaan mengajar di Lingkungan Sekolah Nusantara 1 di Lakukan Placement test yang ketat serta dilakukan Evaluasi terhadap Guru/Karyawan setiap 3 Bulan makin menegaskan bahwa Pendidikan yang diberikan di SMK Nusantara 1 adalah dari sumber yang di uji dan di evaluasi terlebih dahulu. Sekolah Nusantara 1 juga memiliki kerjasama dengan Konsultan Pendidikan di pakai di sekolah-sekolah maupun Universitas ataupun istansi yang berkelas di Negara ini, sehingga kurikulum Belajar mengajar yang diberikan sekali lagi berasal dari sumber yang di percaya.


Bidang Keahlian yang ada di SMK Nusantara 1 adalah Bisnis dan Manajemen dengan program keahlian yang ada adalah Akuntansi dan Administrasi Perkantoran.

Program Keahlian Akuntansi Bervisi Menjadikan Peserta didik (siswa) menjadi Individu yang bisa menguasai Akuntansi sampai pada Level Entermediate (menengah) dengan fokus pada Perusahaan Jasa dan Industri serta kemampuan dalam penghitungan Pajak serta hal lain yang terkait di dalamnya. Dengan mengedepankan pada Penguasaan IT (Informasi Teknologi) dan Bahasa Inggris sebagai modal dalam berkomuniasi di dunia global.

Program Keahlian Administrasi Perkantoran Bervisi Menjadikan Peserta didik (siswa) menjadi Individu yang bisa menguasai Adminsitrasi dalam lingkungan kerja , Master of Ceremony, Loby, Kearsipan, Stenografi, penguasaan pembuatan surat dinas, ekspedisi dan lain sebagainya dengan kemampuan level (menengah) (sekretaris) Dengan juga mengedepankan pada Penguasaan IT (Informasi Teknologi) dan Bahasa Inggris sebagai modal dalam berkomuniasi di dunia global . 

TUJUAN PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

Tujuan SMK
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai bentuk satuan Pendidikan kejuruan sebagaimana ditegaskan dalam penjelasan pasal 15 UU Sisdiknas.
Merupakan Pendidikan menengah Yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Tujuan Umum dan Khusus pendidikan menengah kejuruan adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi warga negara yang berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokrasi dan bertanggung jawab.
  3. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki wawasan kebangsaan, memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa.
  4. Mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kepedulian terhadap lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumberdaya alam dengan efektif dan efisien.

Tujuan Khusus
  1. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan keterampilan dalam kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.
  2. Mendidik peserta didik agar mampu memilih karier, berkompetisi, dam mengembangkan sikap profesional dalam Kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran.
  3. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran.
  4. Menjadi tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan masa yang akan datang dalam Bidang keahlian Bisnis dan Manajemen khususnya kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran.
  5. Siap untuk memasuki lapangan kerja serta dapat mengembangkan sikap profesional dalam Bidang keahlian Bisnis dan Manajemen khususnya kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran.
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan.
  7. Menjadi warga negara yang produktif dan kreatif.
 

VISI
Visi Sekolah
Menjadi sekolah yang bermutu tinggi dengan menghasilkan lulusan yang kompeten.

Visi Kompetensi Keahlian
Menjadi lulusan  yang berahlak mulia, disiplin, terampil , professional, kompetitif khususnya dibidang Administrasi  Perkantoran.

MISI
Misi Sekolah
  1. Menerapkan system manajemen mutu,
  2. Mempersiapkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat jasmani dan rohani.
  3. Mempersiapkan peserta didik yang terampil, jujur, disiplin, inovatif dan kompetitif.
  4. Mempersiapkan peserta didik yang siap menerima perubahan kearah kemajuan.
  5. Menghasilkan tenaga administrasi yang kompeten.

Misi Kompetensi Keahlian
  1. Menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu.
  2. Mengoptimalkan potensi siswa dibidang administrasi perkantoran sehingga menjadi pribadi yang unggul.
  3. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang inovatif serta kompetitif dibidang administrasi perkantoran.
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan siswa dalam mengelola kegiatan administrasi perkantoran sesuai dengan standar operasional dan prosedur berbasis manajemen mutu.
  5. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana dalam menghasilkan lulusan administrasi perkantoran yang kompeten dan kompetitif.

TUJUAN SEKOLAH
Tujuan Sekolah
  1. Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mandiri dan dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja sesuai dengan kompetensi pogram keahliannya;
  2. Membekali  peserta didik dengan ketrampilan agar lulusannya dapat terserap oleh dunia usaha dan industri yang relevan secara optimal;
  3. Membekali peserta didik dengan jiwa kewirausahaan agar mampu menciptakan lapangan kerja yang berwawasan lingkungan;
  4. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu bersaing untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi;
  5. Meningkatkan  profesionalisme kinerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dengan mengedepankan aspek pelayanan.

Tujuan Program Keahlian
Menerapkan Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
  1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan relasi dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat;
  2. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien;
  3. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi, dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggungjawabnya;
  4. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga;
  5. Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat masing-masing pihak;
  6. Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggungjawabkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar